breaking news New

Tips Memilih Calon Pasangan yang Layak Kamu Cintai Selamanya

Pernikahan yang Bahagia Pernikahan yang Bahagia

Kehadiran seorang pasangan di dalam hidup memang menjadi dambaan bagi setiap orang. Kamu mendambakan sosok yang bisa menyemangatimu di saat menangis dan yang mau bisa mengerti kamu.

Cinta adalah suatu ikatan yang menghubungkan kita dengan orang yang paling tepat bagi diri kita, tetapi menemukan pasangan hidup bisa sangat sulit, bisa juga gampang.

Ya, menemukan pasangan hidup kadang tidak mudah. Meski demikian, percayalah, pada saat yang tepat, kamu akan menemukan momen menakjubkan itu ketika akhirnya kamu bertemu sosok yang sesuai dengan harapanmu. Tapi sebelum itu, kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa aspek ya untuk memutuskan memilih seseorang untuk melengkapi hidupmu.

Nah, karena itu, berikut adalah 6 cara yang bisa membantumu menemukan pasangan hidup yang paling tepat untukmu.

1. Memiliki Visi dan Misi yang Sama

Sebelum memutuskan untuk menikah, ada baiknya untuk kamu dan calon pasangan saling terbuka mengenai visi misi dalam hidup. Karena, memiliki visi dan misi yang sama menjadi salah satu fondasi untuk memulai sebuah menjalin hubungan.

Kamu juga bisa membicarakan tujuan jangka pendek, jangka menengah, hingga jangka panjang. Diskusikan banyak hal tentang apa yang kamu dan dia inginkan dalam hidup agar mengetahui jalan pikiran dan target masing-masing.

Kelak, jika rasanya tujuanmu sudah sejalan, kamu bisa sama-sama saling menguatkan dalam proses meraihnya.

2. Memilih dengan Kesadaran Penuh

Pertimbangan dalam memilih pasangan untuk menikah bukanlah keputusan sederhana. Diperlukan pertimbangan matang sebelum kamu benar-benar membuat keputusan. Sangat penting bagi kamu untuk tak memilih seseorang hanya karena emosi atau karena perasaan kasihan saja.

Pikiran segala sesuatunya, bukan hanya pertimbangan romantisme. Di setiap pernikahan pasti akan menemui banyak konflik yang mengharuskan penyelesaian yang baik. Di dalam pernikahan pun membuat seseorang mau tak mau harus menerima kondisi pasangan dengan segala konsekuensinya.

3. Seorang yang Banyak Memiliki persamaan Hobi denganmu

Meski tampaknya sepele, hal ini menjadi cukup penting dalam memilih seseorang yang ingin kamu jadikan pasangan hidup. Pasalnya, hobi yang serupa akan dapat memudahkan komunikasi antara kalian berdua. Dengan cara ini pula, kelak kamu dapat melakukan suatu percakapan bersama tanpa merasa bosan. Pun sebaliknya, mitra potensial kemungkinan besar akan memilih pasangan yang memiliki minat yang sama dengannya. Tapi, ingat ya, bahwa semua minatmu tidak benar-benar harus sama semua, tetapi setidaknya beberapa saja.

4. Mempertimbangkan Kecerdasan Calon Pasanganmu

Jika kamu termasuk orang yang santai sementara pasanganmu vigur yang terlalu berprestasi, itu bisa menjadi ancaman dalam sebuah pernikahan lho! Kebayang kan, seandainya kalian berdua sedang membicarakan sesuatu yang sulit untuk kamu pahami sedangkan ia begitu asik menerangkannya padamu selama 2 jam dan sebaliknya. Yang ada kalian berdua pasti menjadi jengkel sendiri.

Maka dari itu, kamu juga perlu untuk melihat secara langsung bagaimana kapasitas kalian berdua saat berpikir dan memproses sesuatu.

5. Memiliki Rasa Hormat Satu Sama Lain

Jelas kami tidak dapat menghabiskan waktu dengan seseorang yang tidak menghormatimu, impian dan tujuan, serta kepribadianmu. Jadi, pilihlah seseorang yang senantiasa mengakui jati dirimu.

6. Dapat Dipercaya

Penting juga kamu untuk memilih seseorang yang dapat kamu percayai, terlebih di zaman seperti sekarang ini. Akan sulit bagi kamu dalam menjalani pernikahan jika kamu tidak bisa percaya. Kebahagiaan yang diharapkan tidak akan pernah bisa kamu rasakan.

7. Perhatikan Cara Calon Pasanganmu Saat Menghadapi Masalah

Bagi pasangan yang dalam waktu cukup lama seperti berpacaran mungkin bisa mengamati cara pasangnya dalam menghadapi masalah. Ketika menikah nanti, pastinya pasangan akan dihadapkan pada berbagai macam problematika kehidupan yang lebih berat di berbagai aspek.

Mengetahui sikap dan caranya dalam menghadapi permasalahan tertentu juga bisa kamu manfaatkan sebagai pertimbangan tersendiri untuk menilai calon pasanganmu. Perhatikan caranya saat berkomunikasi, reaksi emosi, dan strategi problem solving saat ia berada di posisi terpuruk.

8. Memiliki Latar Belakang yang Jelas

Untuk hal ini, kamu tidak sampa harus terlalu memasang target tinggi akan kedudukan, harta, dan gelar prestisius yang dimiliki si dia. Caranya, cukup dengan meneliti di mana ia tinggal, bagaimana keadaan keluarganya, dan lain-lain, meskipun mungkin kamu menganggapnya calon pasangan baik-baik. Dalam hal ini, logika harus lebih bekerja dari pada emosi ya.

Hal ini dimaksudkan tidak lain agar kita telah betul-betul mengenal karakter calon pasangan beserta keluarganya tanpa bias apa pun. Karena terkadang, banyak kejadian di mana calon pasangan kerap menutup-nutupi keadaan dan karakter keluarganya. Sebab, peran keluarga atau lingkungan itu akan sangat berpengaruh pada saat ia membina rumah tangga nanti.

9.Bertanggung jawab

Poin terakhir ini mungkin menjadi ruh di dalam keberlangsungan suatu rumah tangga. Maka, sangat penting untuk memilih pasangan hidup yang memiliki sikap bertanggung jawab dalam membimbing dan memberi nafkah bagi pihak si pria, serta bertanggung jawab dalam mengurus rumah tangga bagi si wanita. Karena tanpa rasa tanggung jawab yang tinggi Dalam perannya masing-masing, tentu pernikahan tidak akan berjalan sesuai yang diharapkan.

Nah, itulah sembilan hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pasangan hidup. Semoga bermanfaat ya!